Plagiarisme; Etika, dan Integritas

Posted on: April 17th, 2017 by
Comments Disabled

Plagiarisme merupakan pelanggaran integritas akademik. Ini adalah prinsip kejujuran intelektual bahwa semua anggota komunitas akademik harus memberikan penghargaan kepada pencetus ide-ide, kata-kata, dan data yang memberikan landasan dasar bagi pekerjaan mereka. Melakukan plagiarisme bukan hanya mencerminkan jiwa akademik yang rendah tetapi juga berarti ada kegagalan dalam proses pembelajaran. Plagiarisme adalah perilaku tidak etis dan dapat memiliki konsekuensi serius bagi karir masa depan; hal ini juga merusak standar serta kredibilitas lembaga.

Ada banyak alasan untuk menghindari plagiarisme. Tujuan memasuki universitas adalah untuk belajar mengenal dan berbicara mengenai pikiran sendiri, tidak hanya untuk mereproduksi pendapat orang lain – setidaknya tidak tanpa atribusi. Pada awalnya mungkin tampak sangat sulit untuk mengembangkan pandangan sendiri, dan akan menemukan diri telah mengutip tulisan orang lain ketika berusaha untuk memahami dan mengasimilasi argumen mereka. Namun penting untuk belajar mengembangkan suara sendiri. Akademisi tidak selalu diharapkan untuk menjadi pemikir asli, tapi diharapkan untuk menjadi seseorang yang independen – dengan belajar untuk menilai secara kritis karya orang lain, menimbang argumen yang berbeda dan menarik kesimpulan sendiri. Mereka yang melakukan plagiarisme melemahkan etos belajar secara akademik, serta menghindari bagian penting dari proses pembelajaran.

Plagiarisme harus dihindari atas cita-cita luhur untuk menghasilkan karya sendiri yang berkualitas tinggi. Setelah memahami prinsip-prinsip penggunaan sumber dan kutipan, akan mudah untuk menghindari plagiarisme. Selain itu, akan mendapat manfaat tambahan dalam peningkatan kejernihan dan kualitas tulisan. Inilah pentingnya untuk menghargai bahwa penguasaan teknik penulisan akademik bukan hanya mengenai keterampilan praktis, namun juga menunjukkan komitmen dalam prinsip kejujuran intelektual sebagai seorang akademisi.

dikutip dari:
https://www.ox.ac.uk/students/academic/guidance/skills/plagiarism?wssl=1

Share This:


Comments are closed.


WordPress database error You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near '%b, %b)' at line 1 for query INSERT INTO `wp_tsw_log` (`IP`, `Time`, `IS_BOT`, `IS_HIT`) VALUES ('54.144.100.123', 1542371669, %b, %b) made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/wordsmith-anvil/single.php'), get_sidebar, locate_template, load_template, require_once('/themes/wordsmith-anvil/sidebar.php'), dynamic_sidebar, call_user_func_array, widget_traffic_stats, view